Laman

Selasa, 09 November 2010

Teknologi Token Ring & Token Bus


-          Token Ring
Standart IEEE 802.5. Dibuat oleh IBM dengan menggunakan topology ring diawali dan diakhiri pada computer yang sama. Prakteknya computer dihubungkan ke jaringan token ring melalui suatu hub khusus Media Access Unit (MSAU) atau multi-Station Access Unit (MSAU). MSAU mempunyai ring input port dan output port dan sejumlah port untuk terhubung ke PC lainnya.

Panjang lingkaran token tidak boleh lebih dari 121.2 meter (tidak termasuk panjang lobe). Lobe adalah kabel untuk menghubungkan komputer ke port MSAU dengan UTP maksimum 45.5 meter.

Prinsip kerja berbeda dengan Ethernet. Tidak akan terjadi collision seperti di Ethernet karena frame (3 bytes) yang berisi sources dan destination akan terus menerus terhubung. Jika suatu komputer menerima frame maka berhak untuk terus menerus mengirimkan data lewat jaringan tersebut. Dan jaringan akan digunakan oleh computer lain disaat komputer sebelumnya telah melepaskan framenya tetapi lebih rumit dari Ethernet. Komputer harus menunggu sampai token yang digunakan oleh komputer lain dilepaskan. Dinamakan Token Ring karena ini dinamakan logical topology dan menggunakan metode token passing. Rata-rata kecepatan transfer sampai dengan 4 – 16 Mbps. Token Ring adalah metode topology yang sangat aktif dimana signal bolak-balik berputar antara satu ke lainnya NIC.

-          Token Bus
Token Bus adalah jaringan komputer yang menggunakan token ring virtual dalam suatu kabel koaxial. Sebuah token yang dikirimkan secara beranting dan bergantian dalam jaringan itu dipakai untuk menandai komputer mana yang berhak untuk mengirimkan paket data. Masing-masing komputer ([[node]]) harus tahu alamat dari node sebelahnya yang akan mendapat giliran dalam pengiriman data. Jika node tersebut tidak mempunyai data untuk dikirim, maka token akan dikirimkan langsung ke node di sebelahnya.
Jenis protokol token bus dengan standar IEEE 802.4 banyak dipakai dalam aplikasi industri seperti pabrik mobil GM (General Motors) melalui sistem Manufacturing Automation Protocol (MAP) nya. Sistem protokol token bus yang termodifikasi bisa dipakai dalam jaringan FMS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar